Friday, February 9, 2018

Tes Gaya Belajar

Games Level#4 : Hari ke-6 Tes Gaya Belajar

Tes ini mamak dapat dari https://sudarnosaputra.wordpress.com/

Test Gaya Belajar                            
Contoh Tes 1
Tandailah kotak yang sesuai untuk setiap pertanyaan dan jumlahkan nilainya                                                                
  1. ( v ) Saya perlu satu ilustrasi dari apa yang diajarkan supaya bisa memahaminya.
  2. ( v ) Saya tertarik pada obyek yang mencolok, berwarna, dan yang merangsang mata.
  3. ( v ) Saya lebih menyukai buku-buku yang menyer-takan gambar atau ilustrasi.
  4. ( v ) Saya terkesan sedang “melamun”, saat membayangkan apa yang sedang saya dengar.
  5. ( v ) Saya mudah mengingat apabila saya bisa melihat orang yang sedang berbicara.
  6. ( v ) Apa yang harus saya ingat harus saya ucapkan dulu.
  7.  ( X ) Saya harus membicarakan suatu masalah dengan suara keras untuk memecahkannya.
  8. ( v ) Saya akan mudah menghafal dengan mengucapkannya berkali-kali.
  9. ( x) Saya mudah mengingat sesuatu apabila itu didendangkan.
  10. ( x ) Saya lebih suka mendengarkan rekaman dari pada duduk dan membaca bukunya.
  11. ( x ) Saya tidak bisa duduk diam berlama-lama.
  12. (x ) Saya lebih mudah belajar apablla ada keterlibatan sejumlah anggota tubuh.
  13. ( x ) Saya hampir selalu melakukan gerakan tubuh.
  14. ( v ) Saya lebih suka membaca buku atau mendengarkan cerita-cerita action.
Bila lebih banyak memilih pernyataan :                                                
 a. Nomor 1 s.d 5           : tipe Visual                                                
 b. Nomor 6 s.d 10         : tipe Auditori                                                        
 c. Nomor 11 s.d 14       : tipe Kinetik       
                                                             
Contoh Tes 2                                                                      
Berilah tanda V pada jawaban yang sesuai dan jumlahkan nilainya.
No Pertanyaan Jawaban
sering kadang-kadang jarang
A.1 Apakah anda rapi dan teratur ?
    V
2 Apakah anda berbicara dengan cepat ?   V
3 Apakah anda perencana dan pengatur jangka panjang yang baik ?

   V
4 Apakah anda pengeja yang baik dan dapatkah anda melihat kata-kata dalam pikiran anda?     V

5 Apakah anda lebih ingat apa yang dilihat daripada yang didengar?     V

6 Apakah anda menghafal hanya dengan melihat saja?  V

7 Apakah anda sulit mengi-ngat perintah lisan kecuali jika dituliskan, dan apakah anda sering menyuruh orang mengulang ucapannya ?  V

8 Apakah anda lebih suka membaca daripada dibacakan?  V

9 Apakah anda suka mencoret-coret saat menelpon/rapat ? V

10 Apakah anda lebih suka melakukan demonstrasi daripada berpidato ? V

11 Apakah anda lebih suka seni rupa daripada musik V

12 Apakah anda tahu apa yang harus dikatakan tetapi tidak terpikir kata yang tepat ? V


Sub Total



  x 2 x 1 x 0

Total


B.1 Apakah anda berbicara pada diri sendiri saat bekerja ?

V
2 Apakah anda mudah terganggu keributan ?
V
3 Apakah anda menggerakkan bibir saat membaca ?
V
4 Apakah anda suka membaca keras-keras dan mendengarkan ?

V
5 Dapatkah anda mengulang dan menirukan nada, perubahan, dan warna suara ?

V
6 Apakah anda merasa menulis itu sulit, tetapi pandai bercerita ?
  V
7 Apakah anda berbicara dengan pola berirama ?     V
8 Apakah menurut anda, anda adalah pembicara yang fasih ?

V
9 Apakah anda lebih menyuka musik daripada seni rupa ?

V
10 Apakah anda belajar melalui mendengar dan mengingat apa yang didiskusikan daripada yang dilihat ?

V
11 Apakah anda banyak bicara, suka berdiskusi dan menjelaskan panjang lebar ?

V
12 Apakah anda lebih baik mengeja keras-keras daripada menuliskannya ?

V

Sub Total



  x 2 x 1 x 0

Total


C.1 Apakah anda berbicara dengan lambat ?
V
2 Apakah anda menyentuh orang untuk mendapatkan perhatiannya ?

V
3 Apakah anda berdiri dekat-dekat saat berbicara dengan orang ?

V
4 Apakah sering melakukan kegiatan fisik / banyak bergerak ?

V
5 Apakah anda lebih bisa belajar dengan praktek ?
V
6 Apakah anda belajar dengan berjalan dan melihat ?

V
7 Apakah anda menggunakan jari untuk menunjuk saat membaca ?
V
8 Apakah anda banyak menggunakan isyarat tubuh ?

V
9 Apakah anda tak bisa duduk tenang untuk waktu yang lama ?

V
10 Apakah anda membuat keputusan berdasarkan perasaan ?
V
11 Apakah anda mengetuk-ngetuk pena, menggerakkkan jari atau kaki saat mendengarkan ?

V
12 Apakah anda meluangkan waktu untuk berolah raga dan kegiatan fisik lain   nya ?
V

Sub Total



  x 2 x 1 x 0

Total


Bila total nilai lebih banyak pada :
  1. Sering : Tipe Visual
  2. Kadang-kadang : Tipe Auditori
  3. Jarang : Tipe Kinestetik


Hasil tes menunjukkan kalau gaya belajar mamak adalah merupakan Gaya belajar VISUAL 

No comments:

Post a Comment