Monday, February 19, 2018

TASK 1 - program "shokyuu" Intensive Class



📝TASK 1 - program "shokyuu" Intensive Class

Tahun 2018 ini mamak beresolusi untuk berbenah diri, mumpung Janna masih toddler dan belum terlalu banyak menguras pikiran mamak.
Sampai saat ini mamak sudah mengikuti 3 Whatsapp Grup yaitu, Institut Ibu Profesional, Tamyiz Qur'an dan kelas Shokyuu Konmari. Semua WAG ini mamak ikuti demi menambah value mamak.
IIP dan Tamyiz Qur'an sudah memasuki Level 2, nah yang terbaru kelas Shokyuu Konmari.

Kenapa memilih kelas Shokyuu Konmari? Apasih motivasi berbenah mamajanna?
Terus terang mamak masih awam banget mengenai Konmari. Awalnya yang mamak tau, Konmari itu teknik melipat pakaian. Alasan ikut kelas Shokyuu simpel banget, mamak penasaran dengan cara melipat bajunya sehingga ketika lemari dibuka, mata langsung berbinar "rapiiiiinyaaaa". Mamak mau berubah dari yang berantakan menjadi rapi, at lease rapian dikit #nyengirkuda
Begitu masuk kelas mamak baru tau ternyata Konmari lebih dari sekedar teknik melipat pakaian saja, dengan menerapkan Metode Konmari perlahan kita juga dapat merubah Mindset. Tagline-nya kan "Menata diri, Menata negeri"

Semoga dengan banyaknya yang tau dan menerapkan metode Konmari, kedepannya bangsa ini memiliki putra-putri yang berkarakter dan berakhlak mulia.. Amiin...

Visualisasi Gaya Hidup Ideal
Seringkali tamu dan keluarga datang mendadak ketika rumah seperti kapal pecah, apalagi kalau yang datang mertua..aduuuh malunya.. Saatnya berubah, pada tahap awal peserta kelas Shokyuu diminta untuk menuliskan motivasi seperti yang sudah mamak sebutkan di atas. Langkah selanjutnya yaitu memvisualisasikan gaya hidup ideal. Pikirkan situasi yang benar-benar detail tentang bagaimana rasanya hidup di tempat yang bersih dan apik. Bayangkan aktivitas apa saja yang akan kita lakukan di sana dan perasaan seperti apa yang akan kita dapatkan. Pemikiran yang jernih tentang ini akan membantu kita dalam memilih barang apa yang ingin kita pertahankan.

Ideal life style yang kira-kira dapat mamak wujudkan dalam waktu dekat yaitu:

Mamak akan me-make over waktu pagi hari mamak. Sama seperti yang diterapkan bu Septi founder Institut Ibu Profesional yang menerapkan 7to7 yaitu, sebelum jam 7, mengurus urusan rutinitas rumah. Jam 7 pagi-7 malam berganti baju rapi, bermain bersama anak, belajar dan melakukan aktivitas apapun sambil bawa anak. Diatas jam 7 malam membereskan pekerjaan rumah yg belum selesai, me time dll. Mamak akan longgarkan sedikit waktunya menjadi jam 8..hehe.. Jika rutinitas harian sudah selesai, mamak jadi punya banyak waktu untuk bermain bersama Janna dan melakukan hal yang mamak sukai aka me time..asiiik..
Jadi yang mamak lakukan sebelum jam 8 pagi yaitu:
1. Mencuci baju
    Alhamdulillah terbantu mesin cuci, jadi tinggal masukkan baju kotor tekan tombol saja. 
2. Minum segelas air putih
    Dan dilanjutkan sengan secangkir kopi
3. Mengosongkan sink dari piring kotor
    Dapat dilakukan malam sebelumnya


4. Baca Al-Quran
    Kata guru tahsin mamak, apabila kita memulai pagi dengan Al-Quran, insyaAllah akan lapangkan   waktu kita sepanjang hari.
5. Meal Planning
    Membuat Menu mingguan dan Meal Preparation

Source: IG @flysophia

6. Get Dressed
    Memakai pakaian yang membuat kita bersemangat dan lebih menghargai diri sendiri.
7. Buat list "Thankful for" dan "To do list"
    Ketika sesuatu sudah dituliskan, akan lebih mudah bagi kita untuk menyelesaikannya.
8. Buat To do list harian
9. Skip checking sosmed, email, gosip 
   Karena semua itu S A M P A H.. #gaya

Jadwal perkiraan hal-hal di atas dapat terealisasi
Mamak harap ketika kelas Shokyuu ini selesai, maka hal-hal yang telah mamak sebutkan di atas dapat terealisasi..Aamiin



#ShokyuuClass #Task1 #Konmariindonesia #Konmarimethod #IntensiveClass. 

No comments:

Post a Comment