Monday, February 26, 2018

TASK 2 - Shokyuu Konmari

Pada TASK 1 pekan lalu, latar belakang dan mindset berbenah sudah telah mamak jelaskan. TASK 2 pekan ini adalah memaparkan upaya apa saja yang mamak usahakan untuk konsisten dalam “menjaga mindset” tersebut. Untuk menjaga mindset itu yang mamak lakukan adalah:

1. Mengelola Sugesti Positif

Sugesti positif merupakan salah satu hal yang dapat membantu seseorang memiliki sikap mental yang positif serta fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Sugesti positif yang berhasil adalah yang dapat memasuki tingkat bawah sadar, sehingga seseorang menjadi lebih percaya diri dan yakin akan apapun yang dilakukan dalam meraih tujuan yang ingin dicapainya. Efek yang dihasilkan dari sugesti positif pada umumnya adalah dapat membangkitkan energi dan semangat yang meluap–luap sehingga seseorang mungkin akan kaget pada efek dari mengelola sugesti positif pada dirinya sendiri. Hilangnya pikiran negatif dan ketakutan–ketakutan seperti takut salah, takut gagal, merupakan salah satu efek positif yang dapat diperoleh dari mengelola sugesti positif.
Secara teori memang gampang, namun pada prakteknya kita sering terbentur dengan banyak hal. Nyang penting usahak kaan?Semangaaaat...


2. Lebih Banyak Bersyukur Dan Berhenti Mengeluh 

Sama halnya dengan mengelola sugesti positif, salah satu hal yang juga dapat dilakukan untuk terus memupuk pikiran positif dan sikap mental positif adalah dengan bersyukur. Dengan bersyukur maka beban yang harus ditanggung akan menjadi lebih ringan dan dapat dihadapi dengan pikiran dan sikap mental yang positif. Berbeda dengan mengeluh yang akan memupuk pikiran dan sikap mental yang negatif yang nantinya akan melemahkan semangat dan terkadang membuat seseorang menjadi putus asa dengan keadaan yang dijalaninya. Melihat kondisi orang lain yang lebih buruk atau lebih lemah dari kita, dapat menjadi cara sederhana untuk memupuk semangat dan lebih bersyukur dengan keadaan yang kita jalani sekarang ini.
Nah untuk yang satu ini mamak akan buat printoutnya, jadi setiap hari pada pagi dan malam hari dapat mamak isi, hal ini dulu pernah mamak lakukan pada saat lagi booming2nya nulis diary. Ketauan klo mamak #kidsJamanOld..wkwkwk..Tapi beneran relief lho, lumayan mengurangi beban yang ada di kepala.


3. Melakukan Visualisasi Keberhasilan

Melakukan visualisasi tentang sukses atau keberhasilan mencapai tujuan yang diinginkan, merupakan cara lain untuk memupuk semangat dan terus berpikir positif. Berani bermimpi merupakan bagian penting dari keinginan untuk meraih impian tersebut. Seseorang yang berani bermimpi secara tidak langsung, akan memiliki tambahan semangat dan secara bawah sadar akan berusaha menata strategi tentang bagaimana meraih impian tersebut selama memang impian tersebut rasional dan bukan sesuatu yang mustahil. 

Berkenaan dengan  ideal lifestyle akan mamak tambahkan beberapa gambaran yang mamak inginkan, dan dapat direalisasikan dalam waktu dekat ini. Hal-hal yang dapat menunjanng morning routine mamak terselenggara dengan apik:



To Do List
Upgrade baju rumah

Jurnal Syukur

Laundry Space
Menu Seminggu

 Adapun hambatan terbesar dalam merealisasikan ideal lifestyle yaitu, rasa malas. Apalagi akhir-akhir ini pagi Depok adem sekali, rasanya mau selimutan lagi setelah sholat shubuh...wkwkwk

Poin ke3 task 2 kali ini adalah timeline. Mamak mulai dari nol, mamak baru menyicil membuat menu mingguan, menyiapkan storage buat belanjaan ke pasar besok, karena tadi pagi hujan, jadi ke pasar ditunda besok.



Akhir kata semoga kita semua dapat berubah menjadi pribadi lebih baik dari hari ke hari..
“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” Q. S. [13] : 11

No comments:

Post a Comment