Friday, March 9, 2018

Cara Membiasakan Anak Membaca Sejak Dini

Games level 5: hari ke-3 Cara Membiasakan Anak Membaca Sejak Dini



Tak perlu menunggu sampai usia pra-membaca antara 2 sampai dengan 6 tahun. Dari hasil penelitian Trelease mendapatkan bahwa anak yang sejak usia 4 bulan "dibiasakan membaca", pada usia 9 bulan sudah mampu memilih bahan bacaan yang ia senangi. Sedangkan memasuki usia 5 tahun, " Anak sudah dapat mengajari dirinya sendiri untuk membaca". •


Membudidayakan membaca kepada bayi, berbeda dengan membudidayakan membaca kepada anak yg berusia diatas 2 tahun. Caranya:
📌Peluklah bayi, kehangatan fisik dan emosional sangat menentukan keberhasilan ipaya membudidayakan membaca kepada bayi
📌Orang tua sebaiknya memilihkan buku bergambar dengan sedikit kata (WPB= wordless picture book) yang bersampul keras dan menggunakan kertas dalam yang keras (hard-paper).
 Buku-buku berukuran sekitar 10x15 cm sampai dengan 15x22,5 cm merupakan pilihan yang tepat. Pilihkan WPB yang setebal 8-12 halaman
📌Bayi memang pembaca pasif. Orang tua yang harus aktif. Jalinan komunikasi verbal, non-verbal dan tatapan mata antara ibu dan anak sangat penting bagi anak.
 📌Biarkan bayi ikut serta memegang buku bacaan, melihat-lihat gambar buku dan melihat wajah ibunya.
📌Sekali waktu, biarkan bayi "membaca sendiri" buku bacaannya, "memilih", memukul2kan ke lantai adalah "gaya khas bayi" dalam membaca. WPB adalah alat permainan bagi bayi.



Source: Salahnya Kodok, Muhammad Fauzil Adhim

No comments:

Post a Comment