Monday, November 6, 2017

Hari ke3 - Pengakuan

GAMES LEVEL 1 - BUNDA SAYANG#3 - TANTANGAN 10 HARI KOMUNIKASI PRODUKTIF

Akhir tahun merupakan waktu yang paling sibuk buat baba, karena banyak daerah menghabiskan anggaran pada akhir tahun mengundang konsultan untuk membantu pelaksanaan kegiatan. Sebulan ini baba udah kayak artis yang roadshow antar kota antar provinsi. Baru pulang jumat, hari minggunya sudah musti terbang lagi. Mamak jadi keteteran dalam urusan domestik, biasanya ada baba yang handle janna kalau mamak lagi nyetrika. Akhirnya pr setrikaan menumpuk. 

Pagi sebelum baba berangkat dinas lagi, janna diungsikan sebentar ke rumah uti biar mamak bisa nyetrika pakaian yang mau dibawa baba  dengan leluasa. Kurang lebih selama 2jam mamak nyetrika. Jam 12an baba dan janna pulang. Janna mukanya bete. Sebelum mamak tanya, baba sudah jelasin duluan. 

Baba: "adek, tadi ada insiden kecil. Lidah janna kegigit waktu main di tangga." 
Mamak yang biasanya menyela pembicaraan, kali ini mamak biarkan baba menjelaskan.
"padahal mainnya sudah dijagain 3orang, tapi tetap aja bisa kejadian kayak gini"

Mamak: "tapi masih mau makan ndak?"
Baba: "masih, tadi abis jatuh dicoba suapin buah"
Mamak: "alhamdulillah, semoga ga ngaruh sama selera makannya"

Mamak tidak mencoba menyalahkan siapapun. Tiba-tiba teringat kata mamah dedeh, sebelum seorang bayi lahir ke dunia, semua hal telah ditetapkan atasnya. Setiap kejadian yang menimpa seseorang, sudah tertulis di lauful mahfuz sebelumnya.
Dengan mamak mencoba woles dengna keadaan, alhamdulillah tak terjadi salah menyalahkan. Dan setelah dimimiki janna tidur dengan pulasnya

Hari ini baba menggunakan Kaidah 2C: Clear and Clarify

Susunlah pesan yang ingin Anda sampaikan dengan kalimat yang jelas (clear) sehingga mudah dipahami pasangan. Gunakan bahasa yang baik dan nyaman bagi kedua belah pihak.
Dan mamak berusaha memanjangkan NALAR sehingga EMOSI semakin kecil.



No comments:

Post a Comment