Saturday, November 4, 2017

Hari 1 - Ada Bayik Tercyduq

GAMES LEVEL 1 - BUNDA SAYANG#3 - TANTANGAN 10 HARI KOMUNIKASI PRODUKTIF

Judul hari ini kekinian banget, ala-ala kids jaman now :p

Jadi ceritanya siang ini ada sesosok bayi terciduk tengah melakukan suatu perbuatan yang akan mengakibatkan bertambahnya jam kerja mamak. Seperti biasa setiap selesai memasak, pekerjaan mamak selanjutnya adalah mencuci peralatan masak-memasak. Awalnya berjalan biasa saja, sampai mamak merasa ada yang aneh. Mengapa bayik tidak ada suaranya, biasanya mulut mungil bayi tak pernah berhenti mengoceh. Makanya ketika bayik tidak ada suara, mamak wajib waspada, beberapa waktu sebelumnya bayik tidak bersuara dan kedapatan bayik sedang membersihkan lantai menggunakan lotion, di lain waktu bayik kedapatan sudah berada di pintu belakang berusaha kabur. Nah kali ini bayik kedapatan sedang membersihkan lantai menggunakan cairan pencuci piring. Cairan pencuci piring berwarna kuning itu sudah meleber kemana-mana, baju bayik juga sudah ikutan kuning-kuning .



Penyebab kejadian di atas adalah, baba lupa menutup ember tempat menaruh segala cairan pembersih. Begitu baba sampai rumah, mamak ceritakan kejadian siang tadi. Mamak praktekkan ilmu komunikasi dengan pasangan poin ke 5, yaitu Iam Responsible for My Communication Result. Mamak tidak langsung menyalahkan baba yang kelupaan menutup ember, mamak hanya bilang “ kok bisa ya yang, janna nemuin mama lemon”. Baba langsung mengakui kesalahannya yang lupa menutup ember cairan pembersih, “ iya, tadi pagi baba lupa nutup embernya..hehe..jadi nambah kerjaan mama deh”. Dan siang itu ditutup dengan tawa, melihat bayik yang setiap hari ada-ada saja kelakuannya.

Iam Responsible for My Communication Result, Hasil dari komunikasi adalah tanggung jawab komunikator, si pemberi pesan.
Jika si penerima pesan tidak paham atau salah memahami, jangan salahkan ia, cari cara yang lain dan gunakan bahasa yang dipahaminya.
Perhatikan senantiasa responnya dari waktu ke waktu agar Anda dapat segera mengubah strategi dan cara komunikasi bilamana diperlukan. Keterlambatan memahami respon dapat berakibat timbulnya rasa jengkel pada salah satu pihak atau bahkan keduanya.
Hari ini mamak mengubah strategi, sehingga baba mengakui kesalahan tanpa merasa disalahkan.

#hari1
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

No comments:

Post a Comment