Sunday, November 5, 2017

Hari ke-2 - Tatap Matanya dengan Cinta



GAMES LEVEL 1 - BUNDA SAYANG#3 - TANTANGAN 10 HARI KOMUNIKASI PRODUKTIF

Hari Sabtu dan Minggu bagi kami adalah saatnya beberes rumah. Karena baba libur, jadi bisa bantuin mamak. Biasanya pagi jadwal baba ke pasar, baba memang sudah terbiasa belanja mingguan ke pasar dari sebelum menikah. Pulang dari pasar, sarapan sebentar terus dilanjut dengan bersih-bersih rumah sementara mamak mencuci semua belanjaan dan menyiapkan makan siang bayik.

Minggu ini jadwal baba membersihkan kamar mandi. Karena minggu ini ada undangan makan siang dan sebelumnya kami berencana ke Rumah Vaksin untuk menyunat bayik, jadi pagi ini agak riweuh.  Sehingga sehabis membersihkan kamar mandi baba lupa mengembalikan peralatan sikat menyikat dan sabun khusus pembersih lantai ke tempatnya. Biasanya mamak main teriak aja minta tolong baba sesuatu dan bisa dipastikan tidak bisa sekali saja teriaknya.. seperti yang sering dialami mak-mak lainnya juga :p.. 

Untuk mengurangi sebel dan nada tinggi, maka kali ini mamak buat strategi. Minta tolongnya dengan menghampiri baba, sambil lihat matanya dan bilang “yang, itu peralatan bersih-bersih dan sabunnya masih di kamar mandi lho, nanti takutnya dimainkan janna (dengan intonasi ala pasangan pengantin baru #apalah)” dan whalaaa..tanggapannya warbiasa, baba langsung gerak ngambil peralatan bersih-bersih beserta sabunnya dan menaruhnya ke tempat penyimpanan.. hehe Alhamdulillah, ternyata dengan merubah sedikit saja cara berkomunikasi dampaknya bisa luar biasa ya.

Hari ini perubahan yang mamak lakukan saya dalam berkomunikasi, yaitu menggunakan:
-Kaidah 7-38-55
Albert Mehrabian menyampaikan bahwa pada komunikasi yang terkait dengan perasaan dan sikap (feeling and attitude) aspek verbal (kata-kata) itu hanya 7% memberikan dampak pada hasil komunikasi.
Komponen yang lebih besar mempengaruhi hasil komunikasi adalah intonasi suara (38%) dan bahasa tubuh (55%).

- Intensity of Eye Contact
Pepatah mengatakan mata adalah jendela hati
Pada saat berkomunikasi tataplah mata pasangan dengan lembut, itu akan memberikan kesan bahwa Anda terbuka, jujur, tak ada yang ditutupi. Disisi lain, dengan menatap matanya Anda juga dapat mengetahui apakah pasangan jujur, mengatakan apa adanya dan tak menutupi sesuatu apapun.

No comments:

Post a Comment