Saturday, July 14, 2018

Berkah Sebutir Nasi

Games Level 8: Hari Ke-9 Berkah sebutir Nasi

“Ayo habiskan nasinya. Kalau tidak habis nanti nasinya nangis lho”.


Kalimat di atas tentunya sering kita dengar sewaktu kecil, sewaktu orang tua kita menyuapi kita makan. Sekarang baru ngeh maksudnya apa. Awalnya heran melihat suami yang piring makannya selalu bersih dari makanan, tidak menyisakan satu butir nasipun. Ternyata hal tersebut merupakan salah satu adab dalam makan lho.


Imam an-Nawawi berkata, “Artinya adalah -wallaahu a’lam- bahwasanya makanan yang disediakan oleh seseorang itu terdapat keberkahan di dalamnya, namun ia tidak mengetahui ada di bagian manakah dari makanannya keberkahan tersebut, apakah pada apa yang telah dimakannya atau ada pada yan tersisa di tangannya atau ada pada sisa-sisa makanan di atas piring atau pada makanan yang jatuh, maka seyogyanya semua kemungkinan tersebut harus dijaga dan diperhatikan agar mendapatkan keberkahan makanan, dan inti dari keberkahan adalah bertambah, tetapnya suatu kebaikan dan menikmatinya, maksudnya adalah -wallaahu a’lam- apa yang ia dapatkan dari makanan tersebut (untuk menghilangkan lapar), terhindar dari penyakit dan menguatkan tubuh untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, serta hal lainnya. 


Alhamdulillah Janna sekarang makannya sudah mulai lahap. Mungkin karena mamak selalu bilang ke Janna, "mamnya dihabiskan ya nak, kita tak boleh buang-buang makanan." Walaupun sepertinya acuh, sebenarnya anak-anak itu mendengarkan apa yang kita sampaikan. 




Sumber: 

https://almanhaj.or.id/3311-keberkahan-bersama-adab-adab-ketika-makan.html

No comments:

Post a Comment