Wednesday, April 4, 2018

Belajar Berhitung dengan Bernyanyi

Games Level 6: Hari ke 3

Hari ini mamak tidak mempersiapkan alat untuk kegiatan bermain Janna. Hari ini Janna belajar berhitung dengan Bernyanyi. Ada beberapa lagu anak ciptaan Pak Kasur yang bisa digunakan untuk belajar berhitung:

Pak Kasur kita kenal sebagai pencipta lagu handal di tanah air. Pemilik nama lengkap Soerjono ini telah banyak melahirkan lagu anak yang berkualitas. Karya-karya dari Pak Kasur tidak hanya dapat kita nikmati pada zaman dahulu namun hingga sekarang karya ini seakan abadi.


1. Balonku.
Melalui liriknya yang riang, lagu balonku ini mendapatkan tempat di hati anak-anak. Selain memiliki lirik yang riang, Pak Kasur juga mencoba menghadirkan lirik-lirik yang sederhana seperti “balonku ada lima, rupa-rupa warnanya”.


Balonku ada limaRupa-rupa warnanyaHijau, kuning, kelabuMerah muda dan biru
Meletus balon hijau DORHatiku sangat kacauBalonku tinggal empatKupegang erat-erat

2. Dua Mata Saya.
Lagu ini menceritakan mengenai anggota tubuh yang dimulai dari dua mata. Secara tidak langsung beliau ingin mengenalkan kepada anak mengenai anggota tubuh ini melalui lagu. Dengan begini anak-anak akan lebih mudah untuk belajar jika dilakukan dengan lagu. Liriknya yang jenaka juga menjadi hiburan tersendiri yang dapat kita nikmati melalui kata-kata “satu mulut saya tidak berhenti makan”.


Dua mata sayahidung saya satudua kaki saya pakai sepatu baru dua telinga saya yang kiri dan kanan satu mulut saya tidak berhenti makan

3. "1, 2, 3, 4" (satu dua tiga empat).
Melalui lagu "1, 2, 3, 4" ini mengajarkan anak untuk senang belajar. Mulai dari berhitung dan lainnya. Liriknya yang menggambarkan betapa bahagianya bila berilmu juga dapat menularkan rasa bahagia untuk menuntut ilmu kepada anak-anak lainnya. Di dalam lagu ini juga memberikan motivasi kepada anak-anak agar mereka tidak bosan dan malas dalam mencari ilmu dan selalu mencari ilmu sampai dapat.
Satu Dua Tiga Empat Lima Enam Tujuh DelapanSiap rajin kesekolah cari ilmu sampai dapatSungguh senang amat senangBangun pagi pagi amat senangSatu Dua Tiga Empat Lima Enam Tujuh DelapanSiap rajin kesekolah cari ilmu sampai dapatSungguh senang amat senangBangun pagi pagi amat senangINTERLUDESatu Dua Tiga Empat Lima Enam Tujuh DelapanSiap rajin kesekolah cari ilmu sampai dapatSungguh senang amat senangBangun pagi pagi amat senangSungguh senang amat senangBangun pagi pagi amat senang
4. Sayang Semuanya
Lagu ini tanpa huruf "R" lho, jadi cocok sekali diajarkan kepada batita yang masih susah mengucapkan huruf R. 
Satu satu aku sayang ibu
Dua-dua juga sayang ayah
Tiga-tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuanya
Sambil bernyanyi mamak gerakkan jari sesuai dengan huruf yang dinyanyikan, nanti Janna-nya ikutan juga menggerak-gerakkan jari mungilnya..lucu bangeeet..hehe



No comments:

Post a Comment