Wednesday, October 3, 2018

Fitrah Seksual pada Anak Usia 7-10 Tahun

Resume Presentasi Kelompok #4



Menurut Ali bin Abi Thalib 
Fase pendidikan anak terbagi menjadi 3 fase : 
☘ Anak adalah "Tuan", pada tujuh tahun pertama
☘ anak adalah seorang "Tawanan", pada tujuh tahun kedua. 
☘ Dan seorang " Perdana Menteri pada tujuh tahun ke tiga.

Bila fitrah anak tumbuh mekar paripurna sempurna , maka dia akan tumbuh menjadi anak yang baik dalam 21 tahun peran peradabannya.



Fitrah Seksualitas Pre Aqil Baligh 7-10 tahun🌞🌞

Pada rentang usia 7-10 tahun ini, hendaknya anak laki-laki didekatkan pada ayah, dan begitu pula anak perempuan didekatkan pada ibu. Bukan berarti ketika anak laki-laki dekat dengan ayah lalu melupakan peran ibu. Maksudnya ayahlah yang lebih berperan menanamkan nilai pada anak laki-laki. Begitupun sebaliknya.

Anak laki-laki
Ayah berperan  mengajarkan ke anak bagaimana sikap dan peran seorang laki-laki dalam keluarga dan dalam kehidupan sosial
-Seorang Ayah harus banyak bermain bersama anak laki-lakinya pada fase ini. Karena melalui bermain bersama ayah, anak bisa mempelajari bagaimana laki-laki bersikap, berfikir dn bertindak.
-Dan di fase inipun untuk memperkuat fitrah keimanan dan fitrah seksualitas anak laki-laki, maka ayah harus sering mengajak anak laki-lakinya ke masjid. Mengajari anak tata cara sholat karena usia 7 tahun anak mulai menjalankan perintah sholat.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:
“Perintahkan anak-anak kalian untuk mengerjakan shalat ketika usia mereka mencapai tujuh tahun. Pukullah mereka jika meninggalkan shalat ketika usia mereka mencapai sepuluh tahun, serta pisahlah tempat tidur mereka (antara laki-laki dan perempuan)”
(HR. Abu Dawud, Sumber : Abu Dawud Sulaiman bin al-Asy’ats al-Azdi as-Sijistani).

Selain itu ayah juga mulai menerangkan tentang perkembangan seksual pada anak laki-laki dengan bahasa yang mudah difahami anak. Anak harus tau ketika nanti ia akan mengalami perubahan suara. Ia harus faham ketika kelak mengalami mimpi basah maka ia harus melakukan mandi wajib. Dan Ayah berkewajiban  mengajarkan anak laki-lakinya tata cara mandi wajib.

Anak Perempuan
-Ibu berperan dalam menunjukkan ke anak perempuan bagaimana fitrah seorang perempuan itu.
-Mulailah memberikan pengertian pada anak tentang bagaimana harusnya menjadi perempuan yang sholehah, lembut dan penyayang.
-Bangkitkan peran keibuan dalam diri seorang anak.
-Libatkan anak perempuan dalam aktivitas yang membangkitkan fitrah keibuan seperti memasak, mengasuh adiknya yang kecil, merapikan rumah dll.
- Jangan lupa sering ajak anak perempuan untuk mengobrol, karena pada dasarnya kebutuhan berbicara anak perempuan lebih tinggi daripada anak laki-laki.
- Ibu pula yang harus menerangkan fitrah perkembangan seksual anak perempuan dengan cara menjelaskan pada anak tentang menstruasi dan tata cara mandi wajib.

Mendidik anak sesuai fitrah seksualitas bisa menjadi salah satu upaya membentengi anak dari berbagai perilaku penyimpangan seksual.


 Anak pada fase ini bisa kita kenalkan dengan organ reproduksinya


Untuk mengajarkan fitrah perkembangan seksualitasnya ayah dan ibu bisa menyampaikan seperti ini. Dengan bahasa yang mudah difahami anak pastinya



Pada rentang usia pra akhil baligh ini peran orang tua sangat krusial. Jika sosok ayah ibu tidak hadir pada tahap ini, maka inilah pertanda potensi homoseksual dan kerentanan penyimpangan seksual semakin menguat. Subhanallah ya..semoga kita semua menjadi orangtua yang amanah akan titipan Allah..

1 comment:

  1. Ikut meng-aamiinkan doa: semoga kita semua menjadi orangtua yang amanah akan titipan Allah..

    ReplyDelete