Monday, December 4, 2017

Games level 2: Hari-1 Melatih Kemandirian

Setelah sepuluh hari mamajanna berlatih dalam hal keterampilan berkomunikasi dengan pasangan. Sekarang masuk games level 2 yaitu Melatih Kemandirian anak. Dalam sepuluh hari ke depan mamak akan mendokumentasikan bagaimana melatih kemandirian bayi 11 bulan. Untuk awal mamak akan melatih kemandirian dalam hal makan sendiri.

Awalnya mamak kehabisan ide mau masak mpasi apa buat Janna. Sejak tumbuh gigi, Janna jadi pintar pilih-pilih makanan. Walhasil mamak harus putar otak setiap hari menyajikan mebu berbeda. 7hari seminggu dengan 7 menu berbedaπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜….
Karena sudah semakin siang dan masih belum tau mau masakin mpasi apa, jadilah mamak memutuskan untuk buat menu 2 in 1. Satu menu bisa untuk makanan mama dan baba juga Janna si bayik 11bulan.

Menu hari ini πŸ‘‡


- bola-bola nasi isi saus salmon semalam
- ayam kampung empuk (sisa pembuatan kaldu) digoreng sebentar
- Tahu goreng selayang
- Sayur oyong + wortel + kembang kol + soun
Menu disajikan ala-ala Baby Lead Weaning. Menu disajikan sesuai dengan kemampuan memegang bayi. Untuk sayur berkuah, kuah ditaruh digelas dipisahkan dengan isinya.

Reaksi bayik:
Sudah ada kemauan untuk makan sendiri
Awal dihidangkan, mata bayik berbinar-binar senang sekali melihat menu yang beragam di depan mata.
Bayik bingun mau makan yang mana duluan. Tangannya berputar-putar di atas piring, memilih makanan yang mau diambil.
Akhirnya bayik mengambil bola-bola nasi dan berhasil memasukkan ke mulut, belum selesai dikunyah lalu bayi melihat tahu. Kayaknya tahu enak nih, dari gelagatnya sepertinya bayik berbicara seperti itu di dalam hatiπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…. Nasi dalam mulut dilepeh, kemudian bayik memakan tahu. Eh belum selesai tahu dikunyah bayiknya melihat sayur soun dan tahu pun dilepeh..begitu seterusnya sampai semua makanan dirasa satu-satu sama bayik.
Hanya kuah yang sukses ketelan, yang lain jadi mainan dan ada beberapa suap yang akhirnya mamak suapin biar ada makanan yang masuk.

Semoga besok bisa masuk makanan ya sayang mama😘😘❤❤❤



No comments:

Post a Comment