Friday, May 25, 2018

Manfaat Main Masak-masakan

Games Level 7: Hari ke-5 Main Masak-masakan

Sesuai dengan umurnya, setiap hari Janna menghabiskan waktu dengan bermain. Bermain bukan tidak memiliki manfaat. Tentunya apabila dampingi orang tua, maka permainan anak-anak memberikan banyak manfaat. 

Hari ini kami bermain masak-masakan. Sebenarnya sudah ada miniatur alat masak lengkap, cuma bayik ini sekarang sedang senang-senangnya berimajinasi. Jadi, kaleng bekas dijadikan panci sementara sayurannya dari printilan-printilan yang dikumpulkannya..haha lucu yaa



Nah, Apa saja sih manfaat bermain masak-masakan untuk anak? Simak paparan berikut ini yang mamak kutip dari laman Sahabat Nestle :
  1. Melatih Sistem Motorik Halus si Kecil
Saat Ibu memasak di dapur, ajak anak untuk ikut serta. Tapi, pastikan dulu semua benda-benda berbahaya jauh dari jangkauan anak. Kegiatan memasak seperti memotong-motong sayuran atau mengaduk adonan bisa mengasah kemampuan motorik halus si Kecil. Bila dilakukan sesering mungkin, karena permainan ini bisa membuat kemampuan motorik halusnya berkembang dengan cepat.
  1. Belajar Manfaat Sayuran
Permainan anak  seperti memasak ternyata bisa jadi salah satu cara untuk mengajarkan kepada si kecil pentingnya mengonsumsi sayuran dan cara memasak sayuran sehingga terasa lezat dan tidak pahit ketika dikonsumsi. Si Kecil juga jadi mengenal proses pembuatan makanan, dan membuatnya menghargai masakan yang Ibu buat di dapur untuk keluarga. 
  1. Mengenal Bentuk dan Warna

Ketika bermain masak-masakan, banyak peralatan yang digunakan seperti misalnya mangkok, piring, panci, dan lain sebagainya. Sambil bermain, Ibu bisa sekalian mengajarkan pada si Kecil bentuk-bentuk dari peralatan tersebut. Tak hanya itu, Ibu juga bisa mengenalkan bentuk-bentuk dan warna dari bahan masakan yang digunakan. Atau bila bermain masak-masakan menggunakan lilin mainan, bisa juga mengajak anak meniru bentuk makanan yang sebenarnya. Imajinasi si Kecil bisa terasah sekaligus belajar saat bermain masak-masakan.
  1. Mengajarkan Kemampuan Sosial dan Emosional
Dengan bermain masak-masakan, si Kecil akan mengenal proses bagaimana suatu makanan menjadi masakan yang dihidangkan Ibu di meja makan. Si Kecil jadi akan lebih menghargai proses dan kerja keras Ibu dalam menyiapkan makanan. Selain itu, dengan bermain masak-masakan Ibu bisa mengasah hobi si Kecil. Siapa tahu ketika ia sudah lebih besar nanti akan jadi senang membantu Ibu di dapur untuk menyiapkan makanan bagi keluarga.

No comments:

Post a Comment