Saturday, May 26, 2018

Manfaat Bermain Boneka

Games Level 7: Hari ke-6 Manfaat Bermain Boneka


Alhamdulillah sejak dibelikan uti boneka sepulang haji, janna sudah mau main boneka. Hampir semua anak, terutama perempuan suka boneka. Tapi boneka ternyata tak sekadar menjadi mainan. Boneka terutama yang berkarakter manusia punya manfaat mengasah imajinasi anak.
 

"Boneka dengan karakter manusia bisa memancing reaksi anak dan bisa mengembangkan daya imajinasinya.  Misalnya dengan boneka, anak bisa bermain peran dan storytelling," psikolog anak Ajeng Raviando, Psi.
 
Selain itu, lewat story telling dengan media boneka bisa mengasah kemampuan berkata-kata dan menggunakan bahasa (kemampuan verbal) untuk mengekspresikan makna yang dimaksud. 
 
Sama seperti permainan yang lain, hendaknya  orangtua untuk ikut serta mendampingi anak saat bermain boneka sehingga sudah mengetahui di mana kemampuan verbal dan daya imajinasinya. Orangtua fungsinya hanya mendampingi anak, tidak sampai membatasi imajinasi anak.
 
Saat menemani anak bermain boneka, orangtua juga bisa ikut serta ikut bermain peran. Misalnya saat bermain salon-salonan, boneka yang dimainkan sang anak sebagai hair stylist dan ibu sebagai customer. Orangtua tak sekedar menemani anak bermain, tapi juga membuat ikatan (bonding) yang kuat diantara keduanya.

No comments:

Post a Comment