Monday, July 10, 2017

Nice Homework #6 Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal

Sudah tiga bulan ini mencoba menjadi ibu rumah tangga seutuhnya, dimana saya melakukan semuanya sendiri tanpa dibantu mbak maupun baby sitter. yang saya rasakan selama 3 bulan ini yaitu "CAPEK", karena ketidak mampuan saya dalam memenej waktu dengan baik. Alhamdulillah materi ke 6 ini sangat membantu saya dalam mencoba mengatasi hal tersebut. Materi ke 6 sudah saya share dalam postingan sebelum ini

Baca: Ibu Manajer Handal Keluarga


Saya coba telusuri sebenarnya apasih  kesuliatan utama atau gangguan terbesar saya dalam mengatur  waktu ? sebenarnya saya sudah beberapakali membuat jadwal ibu rumah tangga namun masih kurang konsisten dan tidak bisa menjaga komitmen. Capek juga menjadi alasan utama. menjadi ibu rumah tangga lebih capek pake banget dibandingkan dengan kerja kantoran. Selama beberapa bulan ini saya juga masih menyesuaikan waktu dengan baby. Mungkin karena belum menuliskan terget juga menjadi penyebabnya , Ketika tidak ada target, waktu akan berjalan begitu lama / cepat sekali. 


Dalam NHW#6 mamaks diajak menjadi Manajer Keluarga Handal.

Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita _Merasa Sibuk_sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri. Maka pada NHW #6 mamaks diminta untuk menuliskan 3 aktivitas yang paling penting dan 3 aktivitas yang paling tidak penting.

Saya coba membuat 3 aktivitas yang menjadi prioritas :
1. anak dan suami
2. makanan yang fresh
3. rumah yang rapi

Adapun kegiatan yang saya anggap paling tidak penting yaitu, berlama-lama berselancar di dunia maya khususnya sosmed, menonton tivi, ngerumpi dengan tetangga. Yang ke-3 tidak pernah saya lakukan sih, karena ketika saya memutuskan menjadi ibu rumah tangga bersamaan dengan menempati rumah baru, jadi masih belum akrab dengan lingkungan sekitar. 


Bagaimanakan menyusun strateginya ? Yang pertama adalah Bikin Rutinitas Gelondongan yang merupakan hal-hal yang penting . Setelah itu Buat Kandang Waktu Pekerjaan , yaitu membagi – bagi kedalam waktu-waktu tertentu / mengkapling-kapling, misal kita akan mengerjakan sesuatu dari jam sekian sampai jam sekian atau kita akan melakaukan sesuatu selama berapa menit / jam. Setelah membuat kandang waktu, Patuhi Cut Off Time. Jika kita sudah menentukan jam sekian sampai jam sekian akan melakukan aktifitas  tertentu, maka ketika  waktu nya habis, maka kita juga berhenti, andaikata tidak selesai, bisa dilanjutkan keesokan harinya. Yang keempat adalah Srondolan : NO , artinya katakan tidak pada hal-hal diluar rencana yang sudah ditentukan.

3 aktivitas penting yang telah saya sebutkan di atas menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup saya sebagai ibu.

Kandang waktu pekerjaan saya:
05-08 mengerjakan pekerjaan rutin (membuat sarapan, mencuci,memandikan anak)
08-19 memperbanyak jam terbang (mengerjakan 3 aktivitas penting, mengupdate diri)
19-selesai kembali keaktivitas rutin yang belum selesai 


Saya akan amati selama satu minggu pertama, apakah jadwal ini terlaksana dengan baik atau tidak

kalau tidak segera revisi, kalau baik, akan saya lanjutkan sampai dengan 3 bulan kedepan. SEMANGAAAT!

No comments:

Post a Comment