Friday, August 31, 2018

Games Level 10: Hari 3, Dongeng Frank O Gehry


Hari ini salah satu ikan piaraan Janna mati #again 😅.. Entah apa yang salah, kayaknya karena lupa mengendapkan air sebelum dipindah.

Mamak harus kreatif to? Mengubah musibah jadi peluang untuk bercerita.

Karena background mamak arsitek. Jadi dongeng tentang ikan yang mamak tau ya dongeng tentang Frank O Gehry. Frank O Gehry arsitek ternama Amerika ini pada setiap karyanya mesti berkonsep ikan. Seperti di bawah ini:



Konsep ini didapat dari pengalaman masa kecil beliau. Mamak ceritakanlah kepada Janna asal muasal konsep ikan ini muncul, sama dengan yang dosen mamak dulu ceritakan.  Yang kata beliau kalau Frank inisemasa kecilnya ada pengalaman buruk dengan ikan.

Sewaktu kecil ketika pulang dari sekolah, nenek Frank memasakkan ikan mas yang sangat lezat. Frank kecil penasaran dengan masakan nenek dan bertanya ikannya dari mana didapatkan. Si nenek pun menjawab, ikan yang dimasak itu adalah ikan mas peliharaan Frank yang mati tadi pagi. Frank pun sangat sedih dan kemudian menguburkan tulang ikan tersebut di halaman rumahnya. Peristiwa tersebut sangat membekas sehingga semua bangunan yang dirancangnya menggunakan konsep ikan, ikan kesayangannya.

Mamak baru tau cerita di atas hoax. Kutertipu belasan tahun lamanya.hahaha
Lengkap cerita sebenarnya bisa dicek di Wikipedia maupun di biografi Frank O Gehry yaaa..

2 comments:

  1. oow.. manggut-manggut tapi masi belum paham.. yang hoax yang nenek masak ikan mas peliharaan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mak..yang hoax yang itu..
      mamajanna mesti banyak belajjar nih cara menulis..wkwkwk

      Delete