Saturday, May 20, 2017

UNIVERSITAS KEHIDUPAN, NHW#1 Matrikulasi IIP Batch#4



Sudah dua minggu ini saya mengikuti program matrikulasi Institut Ibu Profesional. Semakin dijalani semakin saya terkesan. Dengan adanya NHW(Nice Home Work) setiap minggunya selama matrikulasi, mamak yang biasanya disibukkan dengan urusan rumah tangga dan anak-anak, diingatkan kembali dengan apa fungsi dan peranan perempuan sesungguhnya dalam hidup ini. Dengan adanya NHW setiap minggunya juga membuat blog ini ngepul kembali..hehe.. yang biasanya diupdate setaun 2 kali sekarang di-update setiap minggunya

NHW minggu ini tentang apa sih yang menjadi jurusan ilmu yang mamak ambil dalam megarungi universitas kehidupan. Sejujurnya hal ini baru terpikir oleh saya, dulu sebelum menikah pernah sih menulis tentang proposal hidup. Tetapi tulisan yangg tetap menjadi tulisan, yang tidak pernah lagi dibuka-buka. Bukunya saja entah kemana perginya.. :p

Hoke baiklah kita mulai..Apasih Universitas Kehidupan itu? Universitas Kehidupan yaitu dunia tempat kita belajar tentang segala sesuatu. Universitas dimana Allah sebagai Rektornya dan ciptaan-Nya menjadi dosennya. Dengan Al-Qur'an sebagai silabus perkuliahan berikut diktatnya . Dimana di dalamnya terdapat begitu banyak pengetahuan untuk umat manusia,

Materi Perkuliahan di Universitas Kehidupan sangat banyak. Mulai dari tujuan hidup, menjalani hidup, arti hidup hingga kematian. Ada juga kelas cinta, kelas persahabatan, kelas kesabaran, kelas perjuangan, dan masih banyak lagi. Dimana semua mahasiswa pasti mempelajarinya. Lokasinya bisa dimana saja, dan kapan saja bisa mengakses mata kuliah dan mempelajarinya. 

Adapun jurusan ilmu yang akan saya tekuni dalam universitas ini adalah IKHLAS, sebuah kata yang mudah diucapkan, tetapi sulit dilaksanakan. karena menjadi orang yang ikhlas (mukhlis) memiliki keutamaan yang demikian penting dalam islam, itulah sebabnya ikhlas dijadikan sebagai bahasan  pertama dalam buku "Tazkiyatun Nafs" karangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, Ibnu Rajab Al Hambaly dan Imam Al-Ghazali.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan agar bisa ikhlas, diantaranya:
Pertama:  Hendaklah tiap amalan yang dilakukan semata-mata mengharap ridho Allah. Hilangkanlah perasaan bahwa kita telah ikhlas melaksanakan suatu amalan karena hal ini dapat menjatuhkan kadar keikhlasan kita dihadapan Allah subhanallah wa ta'ala.
Kedua: Setiap akhtivitas harus sesuai dengan tuntunan syariat. Hal ini merupakan rel dalam beramal atau beribadah. Sejauh apapun kereta kita bergerak, kita tidak akan pernah sampai ke tujuan kita.
Ketiga: Senantiasa ber-muhasabah (mengevaluasi diri). Apakah amalan-amalan yang dilakukan semata-mata hanya mengharapkan ridho-Nya atau masih menempel kepentingan-kepentingan lain yang menodai keikhlasan kita. Seringkali kita sulit untuk jujur terhadap diri sendiri sehingga kita lebih cenderung membela diri daripada menyalahkan diri sendiri.
Keempat: Senantiasa waspada terhadap tipu daya setan yang senantiasa menjuruskan kita kepada sifat riya.
Kita harus menyadari bahwa setiap ikhtihar yang kita lakukan dalam menggapai keikhlasan, setan tidak akan tinggal diam. Perbaharui niat dalam segala hal semata-mata untuk meraih ridho-Nya. Mohonlah perlindungan dari Allah subhanallah wa ta'ala agar dijauhkan dari godaan setan.
Kelima: Bertemanlah dengan orang-orang yang ikhlas dan mengikuti cara hidup mereka serta giat menuntut ilmu. 

Perubahan sikap tentu saja diperlukan dalam proses belajar di Universitas kehidupan ini. Kalau dulu saya orang yang emosional, Alhamdulillah semenjak dikaruniai seorang anak, saya menjadi lebih sabar dan lebih banyak mengambil pelajaran terhadap suatu yang terjadi dalam hidup ini. Tentunya masih banyak bad habbit yang harus saya ubah, dan ini menjadi peer saya kedepannya. Dengan mengikuti kelas matrikulasi IIP juga merupakan bagian dari perubahan itu.

Ada banyak hal dalam hidup ini tidak di dapatkan di bangku sekolah maupun di bangku kuliah. Di sini kita akan belajar bersama-sama tentang banyak hal yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Pengalaman hidup tidak dapat ditukar dengan uang. Setiap pribadi memiliki keunikan tersendiri dan cerita hidup yang berbeda. Jadilah inspirasi bagi orang lain dengan pengalamn hidup yang kita miliki.

No comments:

Post a Comment